Senin, 19 Desember 2011

Contoh RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)


Satuan pendidikan    :SMP N 67 Riding Panjang
Mata pelajaran          :Pendidikan jasmani,kesehatan dan olahraga
Kelas/Semester         :1/1
Alokasi waktu            :30 menit(1x pertemuan)
Standar kopetensi    :1.memperaktekan gerak dasar kedalam permainan sederhana/aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalam nya.
Kompetensi dasar     :1.1 Memparaktikan gaya dasar mendorong,menolak dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas,kerjasama,kejujuran dan toleransi.
Indikator                     :1.Mendorong atau menolak tanpa awalan
                                       2.Mendorong atau menolak dengan sikap dan arah tertentu
                                       3.Mendorong atau menolak menggunakan benda
                                    4.Mendorong atau menolak dengan posisi duduk berhadapan
                                       5.Mendorong atau menolak dengan posisi berdiri diatas lutut berhadapan
                                          
Tujuan                         :Setelah guru memberikan contoh/peragaan tentang materi,siswa dapat:
 Pembelajaran          1.Melakukan dorongan atau tolakan tanpa awalan
                                     2.Melakukan dorongan atau tolakan dengan sikap dan arah tertentu
                                     3.Melakukan dorongan atau tolakan dengan menggunakan benda
                                     4.Melakukan mendorong atau menolak dengan posisi duduk berhadapan
                                     5.Melakukan Mendorong atau menolak dengan posisi berdiri diatas lutut
berhadapan
Materi pokok             :Permainan olahraga tentang gerak dasar jasmani
Metode                       :Demontrasi
Langkah                         
pembelajaran
    Awal                     :1.Guru menyiapkan peralatan yang digunakan sesuai materi
                                      2.Baris,mengabsen dan berdoa
                                      3.Pemanasan sesuai dengan materi ajar
    Inti                         :1.Guru mendemonstrasikan aktivitas gerak dasar jasmani sesuai materi
  2.Siswa disuruh untuk mendorong atau menolak tanpa awalan
  3.Siswa disuruh untuk mendorong atau menolak dengan sikap dan arah      tertentu
  4.Siswa disuruh untuk mendorong atau menolak dengan menggunakan benda
  5.Siswa disuruh untuk mendorong atau menolak dengan posisi duduk berhadapan
  6. Siswa disuruh untuk Mendorong atau menolak dengan posisi berdiri di atas lutut berhadapan
   Akhir                      :1.Guru menilai kegiatan siswa selama pembelajaran berlangsung
 2.Mengamati dan membimbing siswa yang kurang menguasai materi
 3.Rileksitas,sambil bernyanyi
 4.Istirahat dan masuk kelas
Sumber/media       :1.Alat
Pluit,stopwatch,bolbret
2.Sumber
Buku sumber,kurikulum(KTSP),konvensi guru,media lain


Penilain
           Teknik           :Praktek
Bentuk           :Penugasan
Instrument   :----------------
Lembar soal
                                 :1.Lakukanlah mendorong atau menolak tanpa awalan?
   2.Lakukanlah mendorong atau menolak dengan sikap dan arah tertentu?
   3.Lakukanlah mendorong atau menolak dengan menggunakan benda?
   4.Lakukanlah Mendorong atau menolak dengan posisi duduk berhadapan?
   5.Lakukanlah Mendorong atau menolak dengan posisi berdiri diatas lutut berhadapan?
Skor Nilai               :Jumlah soal lima
 Setiap soal diberi nilai 20 satu soal),apabila sesuai dengan ketentuan gerak yang diharapkan sesuai indikator.
 Jadi skor nilai =5x20=100



                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar