Senin, 19 Desember 2011

HAKIKAT SARANA DAN PRASARANA MENURUT SUDUT PANDANG FILOSOFIS ISLAM


A. Pengertian sarana dan prasarana
Dalam Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, sarana diartikan sebagai segala sesuatu yang dipergunakan sebagai alat untuk mencapai maksud / tujuan ; alat ; media.
Dalam buku Manajemen Pendidikan yang ditulis oleh Prof. Dr. Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana S.Pd., menurut rumusan tim penyusun pedoman pembakuan media pendidikan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, sarana pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun tidak bergerak agar pencapain tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif, dan efisien.
 
Dalam Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, prasarana diartikan sebagai segala yang menunjang terlaksananya suatu proses usaha, proyek, dan sebagainya. Sedangkan dalam KBBI prasarana adalah segala yang merupakan penunjang terselanggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek, dan sebagainya).
Sarana Pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar, seperti gedung, ruang kelas, meja kursi, serta alat-alat dan media pengajaran. Sedangkan prasarana pendidikan adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti halaman, kebun, taman sekolah, jalan menuju sekolah, tetapi jika dimanfaatkan secara langsung dalam proses belajar mengajar maka menjadi sarana pendidikan, seperti taman sekolah untuk pengajaran biologi, halaman sekolah sebagai sekaligus lapangan olahraga,dan sebagainya.

B. Istilah-istilah yang relevan dengan sarana dan prasarana
Ada beberapa istilah yang relevan, berhubungan, dan memiliki arti yang berdekatan dengan sarana dan prasarana, yaitu sebagai berikut.
1. Fasilitas
Dalam KBBI fasilitas adalah segala sesuatu yang dapat mempermudah upaya atau memperlancar kerja dalam rangka mencapai suatu tujuan. Dalam buku Manajemen Pendidikan yang ditulis oleh Prof. Dr. Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana S.Pd., fasilitas diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat mempermudah dan melancarkan pelaksanaan suatu usaha baik dapat berupa benda maupun uang. Jadi dalam hal ini fasilitas dapat disamakan dengan sarana.
2. Alat
Alat pendidikan menurut Sutari Imam Barnadib ialah suatu tindakan atau perbuatan atau situasi atau benda yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai suatu tujuan di dalam pendidikan. Dalam pengertian lain alat pendidikan diartikan sebagai segala sesuatu atau hal-hal yang bisa menunjang kelancaran dari proses pelaksanaan pendidikan. Alat pendidikan ini berupa segala tingkah laku perbuatan (teladan), anjuran atau perintah, larangan, dan hukuman.
Alat pendidikan bukan suatu resep yang sewaktu- waktu dapat digunakan secara tepat guna dan mantap. Alat pendidikan merupakan sesuatu yang harus dpilih sesuai dengan tujuan pendidikan. Yang jelas alat pendidikan tidak hanya terbatas pada benda- benda yang bersifat konkret saja, tetapi juga yang bersifat abstrak seperti nasihat, tuntunan, bimbingan, contoh, hukuman, ancaman, dan sebagainya.
Dari pengertian- pengertian di atas terdapat kesamaan substansial antara sarana dan prasarana dengan fasilitas dan alat pendidikan. Kesamaan itu dapat kita katakan bahwa inti ketiga istilah itu adalah sebagai sesuatu (dalam arti yang luas) yang sifatnya mempermudah dan menunjang proses KBM dan berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu,kami memberanikan diri menyamakan ketiga istilah tersebut, walaupun pasti ada perbedaanya.

C. Jenis dan Fungsi Sarana & Prasarana
Sebagaimana telah dijelaskan bahwa sarana & prasarana sebagai alat pendidikan itu tidak terbatas hanya pada benda-benda yang konkret saja tetapi juga berupa benda-benda abstrak. Berikut ini jenis-jenis sarana prasarana yaitu sebagai berikut.
1. Sarana Dan Prasarana Berdasarkan Fungsinya.
Berdasarkan fungsinya sarana dan prasarana dapat dikelompokkan menjadi sarana dan prasarana yang bersifat langsung dan tidak langsung.
a. Sarana Prasarana Langsung
Adalah alat-alat yang langsung digunakan dalam proses belajar mengajar seperti alat pelajaran, alat peraga, alat praktek dan media pendidikan.
b. Sarana Prasarana Tidak Langsung
Adalah alat-alat yang tidak langsung terlibat dalam proses belajar mengajar, seperti bangunan sekolah, meja guru, perabot kantor tata usaha, air, listrik, telepon, dan sebagainya.
2. Berdasarkan Jenisnya
a. fisik (material)
Adalah segala sesuatu yang berwujud benda mati atau dibendakan, misalnya kendaraan, mesin tulis, komputer, perabot, alat peraga, media, dan sebagainya.
b. Non-Fisik
Adalah sesuatu yang bukan benda mati atau dibendakan, seperti manusia, jasa, uang, dan sebagainya.
3. Berdasarkan Sifat Barangnya
a. Barang Bergerak
Barang bergerak ini terbagi menjadi dua, yaitu habis pakai dan tidak habis pakai. Barang habis pakai seperti kapur tulis, tinta, kertas, spidol, dan sebagainya. Barang tidak habis pakai seperti mesin tulis, komputer, kendaraan, perabot, media pendidikan, dan sebagainya.
 
b. Barang Tidak Bergerak
Adalah, seperti bangunan atau gedung, sumur, menara, dan sebagainya.
Pengklasifikasian sarana dan prasarana diatas umumnya bersifat konkret. Berikut ini penjelasan tentang beberapa sarana dan prasarana abstrak pendidikan.

Fungsi alat pendidikan.
Ada beberapa fungsi alat pendidikan, yaitu sebagai berikut:
1. Sebagai alat perlengkapan.
2. Sebagai pembantu untuk mempermudah usaha mencapai tujuan .
3. Sebagai tujuan.







D. Hakikat sarana dan prasarana 
Setelah kita membaca dan mengetahui penjelasan tentang sarana dan prasarana, maka kita dapat memahami bahwa hakikat sarana dan prasarana itu adalah sebagai berikut.
1. sesuatu yang tidak hanya berupa benda konkret tetapi juga dapat berupa benda abstrak seperti teladan, anjuran/perintah, larangan,dan hukuman;
2. bersifat mempermudah sebagai alat dan penunjang agar proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien;
3. berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan. 


KESIMPULAN
Sarana Pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan,khusunta proses nelajar mengajar,seperti gedung, ruang kelas, meja kursi, serta alat-akat dab media pengajaran. Sedangkan prasarana pendidikan adalah fasilitas yang secara tidak langsung menhuhjang jalannya proses pendidikan,seperti halaman,kebun,taman sekolah,jalan menuju sekolah, tetapi jika dimanfaatkan secara angsung dalam proses belajar mengajar maka menjadi sarana pendidikan,seperti taman sekolah untuk pengaaran biologi, halaman sekolah senagai sekaligus lapanganolahraga,dan sebagainya.
Ada beberapa istilah yang relevan, berhubungan, dan memiliki arti yang berdekatan dengan sarana dan prasarana, yaitu fasilitas dan alat pendidikan. Fasilitas adalah segala sesuatu yang dapat mempermudah upaya atau memperlancar kerja dalam rangka mencapai suatu tujuan. Sedangkan alat pendidikan diartikan sebagai segala sesuatu atau hal-hal yang bisa menunjang kelancaran dari proses pelaksanaan pendidikan.
Sarana prasarana dapat dikalsifikasikan menurut fungsi, sifat barang dan jenisnya. Hakikat sarana prasarana adalah sesuatu yang tidak hanya berupa benda konkret tetapi juga dapat berupa benda abstrak seperti teladan, anjuran/perintah, larangan,dan hukuman, bersifat mempermudah sebagai alat dan penunjang agar proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien, dan berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan.
Diposkan oleh Mahasiswa Fak. Tarbiyah di 01:29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar