Kamis, 22 Desember 2011

Observasi UKS SD


KATA PENGANTAR 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan kegiatan observasi yang telah dilakukan pada tanggal 20 Desember 2011 di SDN 182 JL.Terpedo 20 Ilir D II Sekip Ujung Kec.Kemuning.
Laporan ini disusun dalam rangka memenuhi tugas akhir mata kuliah Pendidikan Kesehatan Sekolah (PKS). Penyusun menyadari bahwa dalam pembuatan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan. Untuk itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar dapat menyempurnakan laporan ini.
Penyusun berharap agar laporan ini dapat bermafaat bagi semua pihak untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya sekolah dasar.












                                                        DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI


BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Pembuatan laporan
1.4 Manfaat Pembuatan Laporan

BAB II HASIL OBSERVASI
2.1 Program UKS
2.2 Sarana dan Prasarana
2.3 Manajemen dan Pengelolaan UKS

BAB III
3.1 Simpulan
3.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan kesehatan merupakan suatu upaya yang diberikan berupa bimbingan atau tuntunan kepada siswa tentang kesehatan yang meliputi seluruh aspek pribadi (fisik, mental,dan sosial termasuk emosional) agar tumbuh dan berkembang secara harmonis. Oleh karena itu,pedidikan kesehatan di SD diarahkan untuk membina para siswa agar memiliki sikap hidup bersih, sehat,bugar,dan berdisiplin.

Usaha Kesehatan Sakolah (UKS) adalah suatu usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan warga sekolah lainnya di lingkungan sekolah. Kegiatan UKS biasanya dilakukan di dalam ruangan yang memang diadakan untuk melaksanakan kegiatan UKS.

Ditinjau dari pembangunan di bidang kesehatan, UKS merupakan suatu strategi untuk mencapai kemandirian anak usia sekolah dasar dalam mengatasi masalah kesehatan dan menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan yang akhirnya menghasilkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Ruang lingkup UKS dibagi menjadi dalam 3 program UKS yang biasa disebut dengan Trias UKS yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan hidup yang sehat.


B. Rumusan Masalah

Ditinjau dari latar belakang masalah yang telah disebutkan di atas, ada beberapa permasalahan yang perlu dikaji dalam laporan ini, antara lain :
1. Bagaimana pelaksanaan program Trias UKS di SDN 182?
2. Apa saja sarana dan prasarana yang dimiliki UKS SDN 182?
3. Bagamana manajemen dan pengelolaan yang diterapkan UKS SDN 182?
4. Bagaimana pengorganisasian (administrasi) yang berjalan di UKS SDN 182?
5. Dalam pelaksanaan UKS di SDN Jetaklengkong apakah berpengaruh terhadap siswa dan masyarakat sekitar secara keseluruhan?


C. Tujuan Pembuatan Laporan
Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan,antara lain :
1. Mengetahui kegiatan yang dilaksanakan oleh UKS di SDN 182.
2. Mengetahui keberadaan UKS di SDN 182. Baik dari segi Sarpras, manajemen dan hubungan dengan pihak yang membantu kegiatan UKS.

D. Manfaat Pembuatan laporan
Manfaat dari pembuatan laporan ini antara lain :
1. Meningkatkan pengetahuan tentang kegiatan UKS di SDN 182.
2. Meningkatkan pengetahuan tentang keberdaan UKS di SDN 182. Baik dari segi Sarpras,manajemen pengelolaan dan hubungan yang membantu kegiatan UKS.


BAB II
HASIL OBSERVASI


A. Program
1. Pendidikan Kesehatan
Pendidikan kesehatan sangat penting dilakukan di setiap sekolah. Karena dengan pendidikan kesehatan, peserta didik diberi bimbingan tentang kesehatan secara menyeluruh.
Tujuan dari pendidikan kesehatan, siswa dan warga sekolah lainnya diberi pengarahan untuk menanamkan pengetahuan, pandangan, dan kebiasaan hidup sehat serta tanggungjawab akan kesehatn baik diri sendiri dan linkungannya juga manamgkal datang dan dikonsunsinya narkoba, miras, dan barang terlarang lainnya. Setelah di beri pengarahan, diharap seluruh warga sekolah baik guru, siswa, dan lainnya,diharapkan memiliki sikap hidup yang bersih dan sehat serta disiplin dalam masalah kebersihan dan kesehatan baik diri sendiri dan lingkungan. Sehingga tehindar dari virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit.
Berbagai program pendidikan kesehatan yang dilakukan di SDN 182 antara lain :
1. Melalui dokter kecil, sekolah mengajarkan pemeliharaan pemeliharaan kebersihan karena hidup bersih itu sangat penting agar terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.
2. Sekolah memberi pembinaan kepada dokter kecil.
3. Lewat UKS melalui program dokter kecil, banyak dilkukan ajaran cara merawat tubuh yang baik dan benar seperti cara mencuci tangan yang benar, cara menggosok gigi yang baik dan benar, dan memberi bekal pengetahuan tentang tata cara merawat tubuh agar terhindar dari berbagai macam bakteri dan kuman yang dapat mengakibatkan penyakit. Selain dalam pencegahan penyakit, dokter kecil juga diajari untuk memeberi pertolongan pertama pada anak yang sakit.
4. Progam pendidikan kesehatan juga disampaikan lewat waktu jam pelajaran.

2. Kegiatan
Berbagai macam kegiatan banyak dilakukan oleh UKS melalui berbagai macam perlombaan diberbagai tingkat seperti lomba 5 K, dokter kecil, lomba UKS.

B. Sarana dan Prasarana
Keadan ruang UKS SD N 182 bisa dikatakan layak.
Perlengkapan dan peralatan ruang UKS :
1. Pembaringan untuk istirahat siswa yang sedang sakit berjumlah 1 buah.
2. Obat-obatan umum yang sederhana.
3. Kotak obat.
4. Peralatan kesehatan : timbangan, pengukur tinggi badan.

C. Manajemen dan Pengelolaan
Berikut adalah manajamen dan pengelolaan di DS N 182 :
1. Adanya daftar guru yang terdaftar di SD N 182.
2. Adanya daftar anak yang terdaftar
3. Susunan pengurus kegiatan UKS belum ad, numun sudah dipersiapkan.
4. Jalinan hubungan dengan pihak-pihak yang membantu tujuan UKS.Jalinan tesebut antara lain dengan Puskesmas.                                                                                     5. Adanya pembinaan dokter kecil.

BAB III
PENUTUP
A. SIMPULAN
Berdasarkan bab yang telah diuraikan, maka penyusun dapat menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut :
1. Pelaksanaan UKS di SD N 182 dikatakan baik.
2. Sarana dan prasarana masih kurang.
3. Manajemen dan pengelolaan sudah baik.
4. SD N 182 rutin mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan UKS dan menghasilkan prestasi yang gemilang terutama pada kejuaraan dokter kecil.
5. Keterjalinan dengan pihak-pihak yang membantu jalannya kegiatan UKS sangat besar.

B. Saran
Untuk meningkatkan kegiatan UKS di SD N 182, maka penyusun memberikan saran, antara lain :
1. Keberadaan ruang UKS diperbaiki.
2. Pengadaan obat harus dilengkapi.
3. Peralatan kesehatan yang belum ada untuk diperlengkap.
4. Pertahankan dan terus ditingkatkan prestasi yang sudah ada.




DAFTAR PUSTAKA

Syafarudin.2010.Buku Pendidikan Kesehatan Sekolah.Palembang:Unsri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar