Selasa, 13 Desember 2011

Rumah impian Cermin Surga Duniaku


Semua makhluk hidup pasti mempunyai kebutuhan untuk melangsungkan suatu kehidupan. Setiap makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan mempunyai kebutuhan yang  berbeda. Kebutuhan tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu kebutuhan primer, skunder, dan tersier. Kebutuhan primer sangatlah penting daripada kebutuhan skunder dan tersier yang menjadi kebutuhan pendukung, karena tanpa kebutuhan primer manusia tidak dapat melangsung kehidupan. Kebutuhan primer meliputi makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal. Berbicara tentang tempat tinggal, kehidupan manusia yang berawal dari bayi sampai usia remaja seperti ini pasti mempunyai angan tentang tempat tinggal, rumah masa depan yang diidam – idamkan, atau rumah impian.
Jika saya mempunyai rumah nanti, saya ingin rumah dengan dua lantai dan halaman rumah yang cukup luas. Memiliki pagar belakang yang tinggi dan pagar depan yang standar. Pagar dan rumah bagian luar dicat dengan warna krem, dan jendelanya dicat putih. Di halaman depan rumah saya, ada berbagai jenis bunga yang membentuk taman bunga berda tepat di depan ruang tamu dan samping kiri pintu pagar depan jika dilihat berlawanan dengan muka rumah.  Disamping kanan halaman depan, dekat tembok pagar terdapat pohon pinang yang berjajar, dan bunga melati ditengah halaman itu.
Pintu pagar depan lurus dengan bagian belakang rumah yang di sebelah kirinya terdapat garasi mobil dan motor. Tepat disamping kiri garasi, terdapat ruangan musik yag didesain dengan warna orange. Didalam ruangan itu terdapat berbagai macam alat musik dan mic. Sepuluh meter berjalan kedepan dari ruang musik, terdapat gazebo dengan beragam bunga mawar disekitarnya dan rekayasa air terjun tepat pada dinding pagar belakang rumah. Diseluruh halaman ditanami dengan rumput jepang, kecuali pada jalan dari pintu pagar depan sampai pintu masuk ke halaman belakang dan jalan dari gazebo ke pintu belakang rumah ditanami conblok.
Rumah impian saya mempunyai fasilitas yang cukup lengkap dalam dua lantai. Teras rumah yang cukup luas dihiasi oleh dua kursi mendampingi satu meja yang terbuat dari jati. Lantai teras berwana marun, dan lampu gantung diatasnya. Teras menhadap taman bunga dengan beragam jenis bunga.  Di samping kursi teras terdapat pintu menuju ruang tamu. Ruang tamu yang berukuran lumayan besar diisi dengan dua set kursi tamu yang berwarna marun dan krem. Sedangkan,hordeng berwarna kombinasi marun dan krem. Di masing – masing meja tamu terdapat vas dan bunga yang terbuat dari bahab beling. Plafon untuk ruangan ini berbentuk ukiran bunga yang besar dengan ditemani oleh Lampu gantung ditengan dan empat lampu biasa berada pada empat sudut plafon.
Di sebelah kanan ruang tamu, terdapat pintu untuk menuju ke suatu ruangan yang disebut ruang keluarga. Di ruang ini terdapat televisi yang besar, seperangakat DVD  dan speaker. Tepat di depan televisi dipasang karpet berwana marun dengan bantal- bantal besar menemaninya. Tiga meter dari televisi terdapat kursi keluarga seperti di ruang tamu. Ruangan ini memiliki tiga ditempel di dinding. Plafonnya berbeda dari ruang tamu, pdaa ruangan ini menggunakan ukiran bunga yang kecil dengan lampu gantung dan empat lampu sudut. Ruangan ini merupakan ruangan tempat berkumpulnya keluarga, atau tempat diadakan forum keluarga.
Di sebelah kiri ruangan ini terdapat dua kamar dan disamping kanan dari ruang tamu terdapat satu kamar.  Kamar depan dijadikan sebagai kamar tamu. Kamar ini diberi fasilitas satu set tempat tidur, meja rias, sofa, lemari, AC dan kamar mandi. Sedangkan dua kamar lainnya memiliki fasilitas yang sama dengan kamar tamu, hanya saja tidak ada fasilitas kamar mandi di dalam dan ada penambahan satu set meja belajar.
Jika diteruskan dari ruang keluarga, ada ruang yang disebut ruang transisi, karena ruang ini tidak memiliki fungsi nyata. Pada ruangan ini terdapat lemari di jajarkan yang berisi kump[ulan barang pecah belah. Disebelah kanan ruang ini terdapat rak sepatu, dan disamping kiri rak terdapat pintu untuk menuju teras belakang yang terdapat satu set kursi jati. Keluar dari teras, kita akan menemukan  ruang fitness yang menyediakan berbagai alat olahraga. Ruangan fitness ini tepat berada disebelah kiri dari pintu ruang teras dan berhadapan dengan garasi mobil dan dekat gazebo. Namun, jika dari ruangan transisi belok ke kiri, kita akan menemukan kolam renang disana. Kolam renang yang dibatasi oleh kaca transparan dan berukuran tidak terlalu luas. Terdapat kursi santai disebelah kanan dan tanaman bonsai hutan ditanam dipot yang dibuat menempel pada dinding halaman kolam.
Kemudian, tiga meter  dari ruang keluarga yang merupakan ruang transisi, terdapat tangga menuju lantai dua. Tepat dibawah tangga terdapat dua ruang kamar mandi yang didisain dengan warna biru, bak mandi yang besar, wc leher angsa dan kaca. Disamping kamar mandi, tepatnya lurus dari ruang transisi, terdapat dua ruang, yaitu ruang masak atau dapur dan ruang makan. Pintu kanan yang didesain dengan ujung dinding atas bagian kanan dan kiri berbentuk setengah elips dan tidak mempunyai daun pintu, serta lantainya agak rendah 30 cm dari lantai ruangan lain, itu adalah ruang makan. Ruang ini terdapat satu set meja makan berbentuk elips yang terbuat dari jati, lampu gantung, dan kipas angin yang menempel pada dinding. Sedangkan ruan disebelah kiri ruang makan adalah dapur.
Dapur didesain dengan warna keramik merah marun pada dinding. Terdapat kitchen bar dan meja bulat untuk meletakkan bahan makanan yang hendak dimasak. Meja bulat terletak disebelah kiri dapur jika dilihat dari pintu dapur. Sedangkan kitchen bar terletak berhadapan dengan pintu dan membentuk huruf L. Disamping kiri kitchen bar terdapat kompor gas. Setengah meter dari kompor gas terdapat oven kue dan pemanggang roti. Tepat di belakang meja bulat, atau berhadapan dengan kitchen bar terdapat kulkas, freezer dan dispenser. Ketiga benda itu disusun sejajar hampir menempel pada dinding. Seluk beluk bagian bawah rumah telah ditata, selanjutnya kita akan ke ruangan atas rumah, yaitu lantai atas.
Dari ruang transisi, terdapat tangga ke lantai atas. Tangga berbentuk diagonal jika diliha dari lantai bawah. Saat masuk pada lantai atas, terdapat ruang tengah yang luas. Di ruang tengah itu terdapat televisi dan sofa panjang yang berhadapan dengan tangga, rungan itu juga terdapat seperangkat komputer yang diletakkan di samping televise tersebut. Di sebelah kiri tangga terdapat ruang perpustakaan. Di ruang ini terdapat rak – rak buku yang tinggi dengan berbagai kumpulan buku yang telah dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Dalam ruangan ini fasilitas meja dan kursi panjang untuk membaca, dan AC. Disamping ruangan ini, adalah ruangan kerja yang terdapat satu set meja kerja, lampu kerja yang terletak diatas meja, rak buku, Laptop kerja, AC serta sofa tamu. Disamping kanan ruang kerja terdapat satu kamar dengan fasilitas satu set tempat tidur, meja rias, sofa, AC, lemari dan kamar mandi. Sedangkan didepan ruang tersebut terdapat kamar juga dengan fasilitas hampir sama dengan kamar sebelumnya, hanya saja kamar ini tidak memiliki fasilitas kamar mandi. Di samping kiri kamar ini jika kita melihat berlawan arah dengan daun pintu,  terdapat kamar mandi dan ruang untuk mencuci baju. Jika kita keluar dari ruangan ini, dan lurus dari ruang tengah atas, kita menemukan teras atas yang terdapat satu set kursi santai., Teras tersebut disekat oleh dinding sebagai tepat menjemur pakaian.
 Rumah sebagai tempat tinggal yang merupakan kebutuhan primer manusia menjadi salah satu tujuan pemikirin manusia dewasa untuk memilikinya. Selain dari segi fisik, kehidupan atau hubungan orang – orang yang berada dalam rumah itu haruslah tentram. Pembangunan rumah idaman juga harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Berdasarkan uraian diatas pembangunan rumah idaman merupakan cerminan pemikiran atau cita – cita untuk memenuhi kebutuhan primer kita di masa depan. Jadi, berpikir dan berusaha untuk raih rumah impian di masa depan, karena rumah impianku cerminan surga duniaku dan rumah impianmu cerminan surga duniamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar