Selasa, 13 Desember 2011

MEKANIKA GERAK SMASH PADA PERMAINAN BOLA VOLI

Dalam permainan bola voli kondisi fisik sangat di perlukan kemampuan khusus sesuai dengan kebutuhan yang sesuai dalam penguasaan teknik dalan permainan bola voli.fisik sangat diperlukan untuk mencapai prestasi yang optimal disamping kemampuan teknik,taktik dan mental bertanding.ada pun komponen-komponen fisik diantaranya:eksplosif power(daya ledak) dan koordinasi gerak.
    Daya ledak merupakan kemampuan memadukan kekuatan otot dengan kecepatan gerak.bearty daya ledak otot tangan orang itu adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan kekuatan otot-otot lengan secara maksimum dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.demikian pula halnya dengan gaya ledak otot tungkai,yaitu kemampuan seseorang untuk menggunakan kekuatan otot tungkai yang maksimum dalam waktu singkat.
    Berdasarkan uraian diatas,perlu diadakan penelitia tentang”Hubungan antara daya ledak otot lengan dan daya ledak otot tungkai pada smash permainan bola voli”.
     Smash merupakan teknik yang menjadi andalan untuk menyerang agar mendapatkan poin. Kemudian teknik ini sangatlah kompleks, yaitu:
1.langkah kaki (otot-otot tungkai)
2) melompat setinggi-tingginya untuk mendapatkan jangkauan lompatan yang tinggi. Dalam hal ini otot-otot tungkai menjadi sangat dominan.
 3) timing, keterampilan ini merupakan kerja koordinasi mata tangan dalam upaya menepatkan saat yang tepat dari jangkauan lompatan yang tertinggi dengan keberadaan bola yang jatuh. Dalam fase ini kerja otot-otot perut dan punggung sangatlan dominan
 4) pukulan. Pukulan menjadi penting juga untuk menunjukkan pukulan yang terkuat. Dengan kuatnya pukulan memberikan peluang untuk mendapatkan poin. Saat memukul, otot yang terlibat langsung adalah kelompok bahu seperti deltoid, travezeus dan triceps serta otot lengan bagian bawah.
5) mendarat. Dalam fase pendaratan, otot-otot tungkai menjadi domonan pula dalam menahan berat badan.
    Lengan yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah anggota gerak bagian atas dalam istilah anatomi disebut “Extromitas superior”yang terdiri dari dua bagian yaitu:Antebarchium (lengan bawah) dan Brachium (lengan atas).
Adapun otot-otot lengan dapat di jelaskan sebagai berikut:
A.Brachium(lengan atas)
Otot-otot brachium dibagi menjadi dua bagian yaitu:
1)Otot-otot brachium bagian anterior terdiri dari:
   a.M.biceep brachii
   b.M.coracco brachialis
   c.M.brachialis
2)Otot-otot brachium bagian posterior yaitu:
   d.M.triceps brachie
B.Antebrachium (lengan bawah)
    Otot-otot antebrachium dibagi menjadi dua yaitu:bagian vebtral dan bagian dorsal.untuk bagian2 ventral dibagi menjadi dua bagian yaitu:
1.Otot-otot di lamina superficialis
    a.M pronator teres
    b.M flexor carpi longus
    c.M Palmaris longus
    d.M flexor carpi ulnaris
    e.M flexor digitorum superficialis atau M flexor digitorum sublimis
2.Otot-otot di lamina propunda
    a.M flexor digitorum fropunda
    b.M flexor pollicis longus
    c.M flexor quadrates
   Untuk bagian dorsal juga di bagi menjadi dua bagian yaitu:
1.Otot-otot di lamina superpicalis
    a.M brachioradialis
    b.M extensor carpi radialis longus
    c.M extensor carpi radialis brevis
    d.M extensor digitorum
    e.M extensor digiti minimi
    f.M extensor carpiulnaris
    g.M anconcus
2.Otot-otot di lamina propunda
    a.M supinotur
    b.M abductor pollicis longus
    c.M extensor pollicis brivis
    d.M extensor pollicis longus

    Untuk latihan daya ledak otot lengan,beban latihan 20%-30% beban maksimal dengan 4-6 set,ulangan ataurepetisi tiap set tidak lebih dari 50% repetisi maksimal.
   Tungkai adalah tulang anggota gerak bawah yang terdiri dari seliruh tungkai dari pangkal paha ke bawah.

KESIMPULAN
Untuk melakukan suatu gerakan di perlukan perpaduan dari otot,tulang dan persendian.hal ini berlaku juga pada gerakan anggota gerak bawah yaitu otot-otot tungkai ,tungkai dan articulacio coxae,articulacio genus,articulacio talocruralis dalam permainan bola voli khususnya pada saat melakkan teknik-teknik gerakan smash.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar